-->

Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri

Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri - Membersihkan talenan ialah salah satu hal urgen di dapur demi meyakinkan bahan makanan terjaga higienis. Penting guna diketahui bahwa talenan yang kotor dapat menjadi media pendahuluan bakteri dari satu bahan makanan ke bahan makanan lainnya.

Inilah Cara Membersihkan Talenan Sesuai Bahannya Agar Bebas dari Bakteri

Maka dari itu, rutin mencuci talenan dapat mencegah kontaminasi silang dari penyebaran bakteri dari bahan mentah yang berpotensi memunculkan keracunan makanan. Manfaat beda dari membersihkannya ialah membuat kualitas talenan bertahan lama.

Tapi, lain bahan talenan, lain juga teknik membuatnya. Tidak sesulit yang dibayangkan, kok, sekitar kamu dapat membersihkan talenan di dapur dengan teknik yang benar.

Simak teknik mudah membersihkannya cocok dengan jenis talenan inilah ini!

1. Membersihkan Talenan Kayu

Pori-pori alami yang ada pada kayu menciptakan talenan jenis ini menjadi sarana yang berkembangnya bakteri. Apalagi andai kamu memakai talenan kayu yang sama untuk sekian banyak  macam bahan. Misalnya untuk mencukur daging, ikan, lantas bumbu dan sayuran.

Maka, bersihkan talenan kayu dengan merendamnya dalam air hangat yang telah dibaur dengan perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian sikat talenan perlahan guna menghilangkan kotoran atau noda yang menempel. Setelahnya bilas dengan air bersih yang mengalir dan keringkan dengan menepuk-nepuknya memakai tisu dapur.

2. Talenan Bambu

Talenan bambu mempunyai kepadatan pori-pori yang lebih tinggi dikomparasikan dengan talenan kayu sampai-sampai tidak bakal meninggalkan celah dari pisau. Cara membersihkannya juga lebih gampang yaitu dengan membaur sabun cuci piring dengan cuka dan air sebagai cairan pembersih. Sikat perlahan dengan spons sampai talenan bersih.

3. Talenan Plastik

Mayoritas tercipta dari bahan polyester yang tidak berpori-pori. Inilah kenapa talenan plastik relatif lebih gampang untuk dimurnikan dan lebih aman guna digunakan. Kamu dapat membersihkannya dengan air sabun dan menggosoknya secara perlahan dengan spons.

Jika terdapat noda membandel yang menempel di talenan plastik, bersihkan dengan pasta yang tercipta dari gabungan 1 sendok teh soda kue, 1 sendok teh garam, dan 1 sendok teh air. Baluri talenan dengan pasta seraya disikat perlahan memakai sabut besi. Bilas dengan air bersih lantas keringkan secara alami.

4. Talenan Komposit

Terbuat dari material yang dapat bertahan di suhu 121 derajat Celsius, talenan komposit mudah dimurnikan secara manual maupun memakai dishwasher. Cukup membersihkannya dengan sabun eksklusif cuci piring, bilas talenan dengan air bersih dan keringkan.

Bagaimana, tidak susah bukan mencuci talenan di dapur? Selalu bersihkan talenanmu cocok jenisnya, ya, supaya tahan lama dan kesehatan family terjaga.
LihatTutupKomentar
Cancel