-->

5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu

5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu - Memanggang makanan tak mesti selalu menggunakan oven. Kita dapat berinovasi dan bereksplorasi dengan perlengkapan dapur yang ada. Beberapa makanan yang seringkali dipanggang dengan oven laksana macaroni schotel, brownies sampai roasted chicken juga dapat lho dimasak tanpa oven.

5 Trik Memanggang Tanpa Oven yang Harus Kamu Tahu

Bagaimana ya caranya? Kali ini, anda akan berbagi 5 trik memanggang tanpa oven yang dapat kamu kerjakan di rumah. Yuk, simak alat-alat yang dapat kamu pakai berikut ini!

1. Wajan Antilengket

Cara sangat sederhana memanggang tanpa oven ialah dengan memakai wajan anti lengket. Beberapa makanan laksana roasted potato, pizza a la anak kosan, bahkan sayap ayam panggang dapat dimasak memakai wajan.

Sebelum dipanggang, makanan usahakan diubah terlebih dahulu. Misalnya, andai kita hendak memasak roasted potato, maka usahakan anda rebus dulu kentangnya sampai matang kemudian dibumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Kemudian, panggang di atas wajan anti lengket dengan tidak banyak minyak sampai kulitnya berubah kecokelatan.

2. Double Pan

Ingin menciptakan roasted chicken yang juicy? Coba pakai double pan atau wajan dua sisi yang dapat ditutup. Dengan format yang tertutup, uap air akan terbendung dan menghasilkan panas yang akan menciptakan daging menjadi matang.

Agar hasil maksimal, memanggang dengan double pan mesti memakai api yang kecil. Contohnya andai kita hendak membuat roasted chicken, tahapan kesatu ialah memarinasi ayam dalam satu malam. Kemudian bungkus ayam dengan aluminum foil dengan menambahkan sejumlah rempah kemudian panaskan dengan double pan menggunakan api yang kecil sekitar sekitar 30 menit – 1 jam.

3. Blow Torch

Blow torch juga dapat menggantikan oven guna mematangkan makanan dalam masa-masa singkat. Bentuk blow torch berupa tabung gas kecil dengan penyemprot api di unsur ujungnya

Biasanya blow torch dipakai untuk melelehkan keju di atas makanan, melelehkan gula menjadi karamel, sampai membakar daging sampai-sampai berwarna kecokelatan. Blow torch sangat sesuai dipakai guna makanan kekinian laksana salmon mentai dan martabak mozzarella. Satu perangkat yang paling akrab anda lihat saat mendatangi restoran sushi.

4. Rice Cooker

Rice cooker pun memiliki faedah yang bervariasi, salah satunya menggantikan faedah oven guna makanan tertentu. Beberapa makanan yang dapat kamu hasilkan dengan rice cooker ialah macaroni schotel sampai brownies.

Namun, sedikit bertolak belakang dengan oven, hasil memanggang dengan rice cooker ingin lebih basah. Teksturnya pun menjadi lebih lembut dikomparasikan makanan hasil dipanggang dengan oven. Bagi itu, makanan dengan teksur yang basah laksana macaroni schotel, sesuai dimasak menggunakan rice cooker.

5. Panggangan Arang

Sebelum anda mengenal oven, panggangan arang telah lebih dulu digunakan oleh nenek buyut kita. Kita juga dapat memakai teknik klasik ini guna memanggang makanan laksana ayam bakar atau steak daging.

Berbeda dengan oven yang mempunyai panas merata, panggangan arang menyerahkan panas dari satu sisi saja. Suhunya pun lebih tinggi sampai-sampai menciptakan makanan mempunyai efek ‘hangus’ dengan rasa yang khas.

Nah, ternyata tidak sedikit cara yang dapat kita gunakan daripada mengerjakan investasi membeli perangkat masak yang satu ini. Simpan dulu keinginanmu dan menyimpan uang terlebih dahulu, sedangkan kita berfoya-foya memasak dengan sekian banyak  alat yang kita telah miliki terlebih dahulu!
LihatTutupKomentar
Cancel